Sabtu, 04 Agustus 2012

Inventarisasi Masalah Pelaksanaan UKG


"Dengan terus belajar dan mencoba hal positif, dan tanpa melupakan Tuhan niscaya kesuksesan dapat diraih"
Selamat Membaca...
Ini merupakan re-post dari blog teman yang bertugas sebagai team UKG online, berikut ini ulasannya:
Berikut beberapa masalah yang sering muncul saat pelaksaan UKG Online beserta solusi terbaik dari pakarnya langsung, solusi-solusi Masalah UKG Online terbaik dibawah ini saya ambil dari group UKG online, jika anda seorang teknisi UKG Online yang kebetulan mendapati masalah-masalah ini, dan belum menemukan jawabanya, bisa mencoba mempraktikan solusi-solusi dibawah ini, semoga berhasil dan bermanfaat.
1. Masalah: Saat peserta melakukan login muncul peringatan "Identitas peserta yang anda masukan tercatat sedang mengikuti Ujian" seperti gambar dibawah ini:

Solusi:
1) Masuk ke web pengelola,
2) klik menu "Pengawasan Pelaksanaa",
3) Cari ID yang tidak bisa login,
4) Klik icon gembok kemudian jawab OK.

2. Masalah: Apabila muncul “Init error” berarti server telah aktif, hanya saja file “reginfo.txt” belum diupload ke server:
Solusi:
Cek kembali reginfo.txt yang sudah anda dapatkan dari LPMP yang berasalah dari BPSDM Kemdikbud, apa sudah diupload kedalam folder /etc, lebih lengkapnya silahkan baca kembali manual Aplikasi UKG Online.

3. Masalah: Client tidak bisa memanggil soal

 Solusi:
1. Cek kembali jaringan LAN anda, apa ada firewall yang aktif, atau ada antivirus aktif yang kemungkinan memblock port UKG Online, pastikan firewall dan antivirus yang dimungkinkan memblock ip server UKG Online yang menggunakan port: 8416 dimatikan.
Pastikan kembali bahwa ISP (Internet Service Provider) yang anda gunakan dalam koneksi internet di TUKG anda tidak mengaktifkan firewall yang dimungkinkan memblock ip server ukg online.
2. Solusi lain: Tanpa merubah router, anda bisa juga dengan merubah port pada virtualbox, masuk di setting kemudian network/ Jaringan, pada pengaturan port 8416 diubah ke port 8080.
3. Masalah: Saat print out hasil ujian, tapi tanggal ketinggalan?
Solusi:
Ganti timezone vbox Anda. Caranya:
1. login ke console UKG Pengelola dengan user: root, pass: toor
2. ketikkan perintah berikut:
a. WIB:
ln -sf /usr/share/zoneinfo/Asia/Jakarta /etc/localtime
b. WITA:
ln -sf /usr/share/zoneinfo/Asia/Makassar /etc/localtime
c. WIT:
ln -sf /usr/share/zoneinfo/Asia/Jayapura /etc/localtime

4. Masalah: Mati lampu atau tiba-tiba komputer mati, peserta tidak dapat melanjutkan ujian, keterangannya adalah "Sedang mengikuti Ujian", "Jadwal hari ini tidak ada" dan pesan lainnya yang intinya PESERTA TIDAK DAPAT MELANJUTKAN UJIAN:

Solusi:
Kalau "sedang mengikuti ujian":
Seperti solusi pada masalah nomor 1: Silakan klik icon gembok pada menu "Pengawasan Pelaksanaan".

Jika tulisannya "TIDAK ADA JADWAL UJIAN" berarti:
1. Dianggap Sudah selesai ujiannya dan sudah terkirim ke pusat, 2. Harus minta ijin ujian lagi ke pusat dan tidak bisa diberikan karena sudah tercatat di pusat mengikuti ujian, dan solusi terbaik, pengawas membuat berita acara, supaya peserta bisa mengikuti ujian susulan dilain waktu.

5. Masalah: nomor peserta dan nomor NUPTK sudah dimasukan, dan sudah dipastikan datanya benar sesuai sertifikat peserta, namun tidak bisa login untuk mengikuti UKG.

Solusi:
Setelah teknisi/ pengawas memastikan data peserta memang ada dan terdaftar diserver lokal, namun tidak bisa login, ini disebabkan kemungkinan antara data peserta dengan data yang tercatat di pusat tidak sama, maka solusi terbaik, buatkan berita acara untuk mengikuti ujian susulan, dan segera melapor ke dinas/ panitia UKG setempat untuk perbaikan dan pengecekan kebenaran data peserta.

Sementara ini, nanti kalau ada masalah dan sudah ada solusinya, akan saya tambahkan lagi disini. :)

sumber: http://www.mrmung.com/2012/08/inventarisasi-masalah-pelaksanaan-ukg.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar